ATHA NADIYAH TAJRUMI, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
SKRIPSI ATHA NADIYAH TAJRUMI.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Atha Nadiyah Tajrumi, (2023) : Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan STEAM untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 25 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah validator dan siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru. Objek penelitian adalah e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan soal tes. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas e-modul matematika berbasis penemuan terbimbing dengan pendekatan STEAM untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 93,19%, sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 90,76% dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 91,97%. Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh yaitu dengan dk=58 serta menggunakan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes kelas eksperimen (83,5) lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kelas kontrol (68). Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa emodul yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Penemuan Terbimbing, STEAM, Kemampuan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 04:47 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 04:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75583 |
Actions (login required)
View Item |