Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DENGAN PEMBERATAN KARENA HUBUNGAN KERJA DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR INDRAGIRI HILIR

NASRULLAH, - (2023) PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DENGAN PEMBERATAN KARENA HUBUNGAN KERJA DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PEBNENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

NASRULLAH (2023) : PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGGELAPAN DENGAN PEMBERATAN KARENA HUBUNGAN KERJA DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR INDRAGIRI HILIR Tindak pidana penggelapan karena hubungan kerja yaitu perbuatan seseorang yang memiliki hubungan pekerjaan yang mengunakan kewenangan yang ia miliki secara menyimpang yang bertentangan dengan tujuan dari diberikannya wewenang dari hubungan pekerjaan tersebut. Berdasarkan Pasal 374 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana telah melarang terhadap pelaku tindak pidana penggelapan dengan pemberatan karena hubungan kerja. Kenyataanya di wilayah hukum Kepoisian Resor Indragirir Hilir masih banyak terjadi kasus tindak pidana penggelapan karena hubungan kerja. Perbuatan pelaku tersebut dapat menyebabkan kerugian yang signifikan, merusak reputasi perusahaan, dan mengganggu hubungan bisnis. Dalam proses penyidikan tidak semua kasus tersebut ditindak lanjuti dengan baik oleh kepolisian atau perusahaan. Terkadang, ada praktik korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang Penyidikan tindak pidana penggelapan dengan pemberatan kerena hubungan kerja dan Penyimpangan dalam proses penyidikan tindak pidana penggelapan dengan pemberatan kerena hubungan kerja di wilayah hukum kepolisian resor Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini yaitu Hukum Sosiologis. Sifat dalam penelitian ini yaitu Deskriptif. Analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka, serta dalam penarikan kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, penyidik kepolisian resor Indragiri Hilir dalam melakukan penyidikan tindak pidana penggelapan dengan pemberatan kerena hubungan kerja berpedoman pada Kitab Undang-Undang Hukum acara Pidana, penyidikan yang dilakukan oleh kepolisian resor Indragiri Hilir hanya bersifat represif saja kerena penanggulangan tindak pidana secara preventif sangat diperlukan untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana penggelapan dengan pemberatan kerena hubungan kerja. Dalam penyidikan terhadap kasus tindak pidana penggelapan dengan pemberatan kerena hubungan kerja terdapat penyimpangan mulai dari kegiatan penyelidikan, pemeriksaan, penangkapan, penahanan,penggeledahan,penyitaan,penetapan tersangka, penyelesaian dan penyerahan berkas perkara kepada Jaksa Penuntut umum, yakni seperti Pemeriksaan saksi, Penyalahgunaan wewenang, pemeriksaan tersangka, dan Pengumpulan bukti. Kata Kunci: Penyidikan, Tindak Pidana, Penggelapan Karena Hubungan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:43
Last Modified: 31 Oct 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75581

Actions (login required)

View Item View Item