Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI AL-QURAN DAN HADIST SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

RIA ANISA VERA, - (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERINTEGRASI AL-QURAN DAN HADIST SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA SMP PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIA ANISA VERA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ria Anisa Vera (2023) : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Terintegrasi Ayat Al-Quran dan Hadist Sebagai Sumber Belajar IPA SMP Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Penelitian ini dibelakangi dengan kurangnya bahan ajar yang menarik pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Proses pembelajaran IPA di kelas masih menggunakan buku paket dan masih kurangnya pengintegrasian ayat Al-Quran dan Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis android yang terintegrasi ayat Al-Quran dan Hadist sebagai sumber belajar IPA SMP pada materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R &D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Plomp. Model Plomp memiliki tiga tahapan yaitu 1). Preliminary Research; 2). Prototyping Stage; 3). Assessment Phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan multimedia interaktif berbasis android, uji kepraktidan multimedia interaktif berbasis android dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas multimedia interaktif berbasis android dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validitias keseluruhan yaitu 90 %. Praktikalitas multimedia interaktif berbasis android mendapatkan nilai rata-rata praktikalitas keseluruhan yaitu 84% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android sangat praktis untuk digunakan, serta respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata yaitu 89% yang termasuk kedalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis penelitian data tersebut maka multimedia interaktif berbasis android terintegrasi ayat Al-Quran dan Hadist sebagai sumber belajar IPA SMP pada materi sistem pencernaan manusia sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar IPA dan respos peserta didik yang sangat baik. Kata kunci : Multimedia,interaktif,Android,Integrasi, Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:42
Last Modified: 31 Oct 2023 06:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75572

Actions (login required)

View Item View Item