NAINA RAHMA SARI, - (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
|
Text
SKRIPSI NAINA RAHMA SARI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Naina Rahma Sari (2023) : Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian dilaksanakan di SMPN 17 Pekanbaru dengan sampel berjumlah masing-masing 35 orang siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan control group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Instrumen utama yaitu tes essay sebanyak 10 butir soal yang mewakili 11 indikator berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain, uji normalitas Shapiro-Wilk, dan uji hipotesis paramterik. Berdasarkan hasil olah data diketahui nilai p-value Sig (2-tailed) kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Kata Kunci : Model inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Ekskresi Manusia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:36 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75571 |
Actions (login required)
View Item |