Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA SMP/MTs BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF

LIDIA LILIANA, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA SMP/MTs BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIDIA LILIANA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lidia Liliana, (2023) : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA SMP/MTs Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Socio Scientific Issues pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya bahan ajar berbasis Problem Based Learning bermuatan Socio Scientific Issues pada pembelajaran IPA di SMPN 20 Pekanbaru. Proses pembelajaran hanya terpaku pada buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis Problem Based Learning bermuatan Socio Scientific Issues pada materi zat aditif dan zat adiktif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tiga tahapan yaitu:1) Preliminary Research; 2) Prototyping Stage; 3) Assesment Phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan LKPD, uji kepraktisan LKPD, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa validitas produk LKPD IPA sudah dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh nilai 92%, ahli bahan ajar memperoleh nilai 91,3%, dan ahli bahasa memperoleh nilai 92,6% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 92%. Tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, dengan nilai rata-rata keseluruhan 91,8%, dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis Problem Based Learning bermuatan Socio Scientific Issues pada materi zat aditif dan zat adiktif sangat valid, sangat praktis, dan sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran IPA di kelas VIII SMPN 20 Pekanbaru. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning, Socio Scientific Issues, Zat Aditif dan Zat Adiktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:34
Last Modified: 31 Oct 2023 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75570

Actions (login required)

View Item View Item