MHD ALI MANSURI SIREGAR, - (2023) STRATEGI SOSIALISASI ZAKAT DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARFI KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FULL-1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
hasil dan pembahasan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam Manajemen Pengelolaan Zakat membutuhkan strategi dakwah agar meningkatkan minat zakat bagi masyarakat. Maka dilaksanakanlah sosialisasi sebagai salah satu tindakan agar masyarakat menyadari pentingnya zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah dan faktor yang menghambat pelaksanaannya. Penelitian ini dilaksanakan di Swadaya Ummah Kota Pekanbaru dengan menggunakan informan Direktur, Manager Penghimpunan, Dai Sosialiasi dan beberapa Muzaki Swadaya Ummah. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil menyatakan bahwa sosialisasi zakat di Swadaya Ummah dilaksanakan dengan menyusun strategi terlebih dahulu. Swadaya Ummah melaksanakan 2 strategi dalam melaksanakan sosialisasi zakat yakni Direct Fundraising dan Indirect Fundraising. Direct Fundraising yang juga dikenal dengan kegiatan penggalangan langsung yakni Canvasing tatap muka, Telefundraising dan sebagainya, Sedangkan Indirect Fundraising adalah tindakan yang dilaksanakan dalam menawarkan zakat namun tanpa secara langsung. Tindakan ini seperti melaksanakan Seminar, Ceramah Agama, Konser Amal, dan sebagainya. Dalam melaksanakan sosialisasi zakat terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, sehingga kegiatan sosialisasi ini memiliki kualitas yang diharapkan. Adapun diantaranya Edukatif, Interaktif, dan Persuasif. Berdasarkan bentuk sosialisasi zakat di Swadaya Ummah terdiri dari beberapa bentuk. Hal ini menyadari bahwa secara umum masyarakat memiliki kondisi yang berbeda-beda. Bentuk sosialisasi zakat Swadaya Ummah adalah Kajian fiqih Zakat, Kajian Tematik, Dongeng Peduli, Training Motivasi, dan Seminar Zakat. Kegiatan sosialisasi zakat pada hakikatnya sudah dipersiapkan secara maksimal dan terencana. Mulai dari penentuan lokasi, pemilihan materi, serta pelaksana dari sosialisasi sudah direncanakan dengan baik. Namun ternyata di lapangan juga sering terjadi kendala sehingga kegiatan sosialisasi tidak berjalan dengan semestinya. Adapun kendala tersebut seperti, kurangnya lengkapnya perangkat sosialisasi mulai dari brosur, slide persentasi, dan lain sebagainya. Selain itu terkadang beberapa kondisi pemateri yang tidak menguasai kegiatan. Terakhir disebabkan waktu dan tempat yang kurang mendukung Kata Kunci: Sosialisasi, Zakat, Muzaki
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 08:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 08:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75566 |
Actions (login required)
View Item |