Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI MERAH MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN TEOREMA BAYES BERBASIS WEB

ALDO LORENZA, - (2023) SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI MERAH MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN TEOREMA BAYES BERBASIS WEB. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TA 2 ACC BAB 1,2,3,5 (aldo lorenza).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 2 ACC BAB 4 (aldo lorenza).pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cabai merah (Capsicum annuum L.) merupakan tanaman herba perdu dengan rasa buah yang pedas disebabkan oleh kandungan capsaicin yang dimilikinya. Secara umum, cabai merah mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, termasuk kalori, protein, lemak, kalsium, serta vitamin A, B1, dan C. Salah satunya masalah pada tanaman cabai merah adalah serangan penyakit tanaman yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas hasil produksi. Hal ini disebabkan karena menentukan penyakit pada tanaman cabai merah dan menentukan cara pengendalian yang tepat terhadap penyakit tersebut tidaklah mudah, tidak semua petani memiliki pengetahuan tentang penyakit-penyakit yang dapat menyerang tanaman ini. Oleh karena itu, untuk mendiagnosa penyakit dan memberikan solusi pengendalian yang tepat pada tanaman cabai merah, diperlukan kehadiran seorang pakar atau ahli yang memiliki pengetahuan yang memadai dalam bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk membangaun sistem pakar yang dapat mendiagnosa tanaman cabai merah yang terserang penyakit. Sistem pakar Diagnosa penyakit tanaman cabai merah ini telah melalui tahapan pengujian User Acceptance Test (UAT) dengan hasil 97,33% dari uji coba pada 18 pengguna diantaranya petani cabai merah dan pegawai UPT Perlindungan Tanaman Pangan. Selain itu, pengujian akurasi tingkat kecocokan dengan hasil dari para ahli atau pakar mendapatkan hasil keakuratan 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem pakar ini sangat layak digunakan oleh petani untuk mendiagnosa penyakit tanaman cabai merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:27
Last Modified: 26 Oct 2023 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75551

Actions (login required)

View Item View Item