Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGATASI PERILAKU KECANDUAN MEROKOK DI KALANGAN SISWA (Studi Kasus di SMAN 3 Pekanbaru)

LUSI FUJI ASTUTI, - (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGATASI PERILAKU KECANDUAN MEROKOK DI KALANGAN SISWA (Studi Kasus di SMAN 3 Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV LUSI FUJI ASTUTI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV LUSI FUJI ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

ABSTRAK Lusi Fuji Astuti (2023): Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Perilaku Kecanduan Merokok di Kalangan Siswa (Studi Kasus di SMAN 3 Pekanbaru) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil siswa kecanduan rokok di kalangan siswa di SMA N 3 Pekanbaru, 2) faktor yang mempengaruhi perilaku kecanduan merokok dikalangan SMAN 3 Pekanbaru, 3) upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku kecanduan merokok di kalangan siswa di SMAN 3 Pekanbaru, 4) faktor pendukung dan penghambat upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku kecanduan merokok di kalangan siswa di SMAN 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan desain penelitian bersifat deskriptif informan penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas X SMAN 3 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah perilaku kecanduan merokok dan upaya mengatasinya Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kecanduan merokok dikalangan siswa disebabkan karena pengaruh orang tua, lingkungan pertemanan, dan juga lingkungan tempat tinggal.2) faktor diantaranya pengaruh iklan rokok, pengaruh teman sebaya, lemahnya kontrol orang tua terhadap anak serta kurangnya kontrol diri. 3) upaya yang telah dilakukan guru bimbingan dan konseling yaitu berupa upaya preventif melaksanakan layanan informasi, Layanan informasi pada saat orentasi dan informasi tentang tata tertib, kemudian upaya kuratif melaksanakan konseling individual terhadap siswa yang teridentikasi perokok kecanduan. 4) faktor pendukung upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi perilaku kecanduan merokok yaitu karena adanya dukungan dari wakil kesiswaan dan wali kelas, sedangkan faktor penghambat upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi perilaku kecanduan merokok yaitu karena adanya kendala waktu dimana tidak ada jam bimbingan dan konseling masuk ke kelas, kemudian kurangnya partisipasi orang tua di mana orang tua mengabaikan masalah anaknya. Kata kunci: Perilaku Kecanduan Merokok dan Upaya Guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:12
Last Modified: 25 Oct 2023 06:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75540

Actions (login required)

View Item View Item