Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN HABITS OF MIND SISWA SMP

FEBY SURYANINGSIH, - (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN HABITS OF MIND SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV FEBY SURYANINGSIH.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV FEBY SURYANINGSIH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

ABSTRAK Feby Suryaningsih (2023): Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Berbasis Keislaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Habits Of Mind Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Metakognitif Berbasis Keislaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Habits Of Mind Siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain the nonequivalent posttest only control group design. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 18 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket habit of mind dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 adalah uji T sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan uji anova 2 arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji T menunjukan nilai t_hitung= 5,211> t_tabel=2,021 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran metakognitif berbasis keislaman. Hasil analisis data menggunakan anova 2 arah menunjukan f(B)hitung = 52,36< F(B)tabel = 3,16 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan habits of mind terhadap berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki habits of mind tinggi sedang dan rendah. Selanjutnya F(AxB)hitung = -0,83< F(AxB) tabel = 3,16 Sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran metakognitif berbasis keislaman dengan habits of mind siswa dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa pembelajaran metakognitif berbasis keislaman mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan pembelajaran di kelas, khususnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran metakognitif berbasis keislaman, kemampuan berpikir kreatif matematis, habits of mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:55
Last Modified: 23 Oct 2023 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75524

Actions (login required)

View Item View Item