Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

RIA INDRIANI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIA INDRIANI.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ria Indriani, (2023): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Quantum Teaching untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan model Quantum Teaching yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMPIT Atthohiriyah dengan subjek penelitian adalah peserta didik SMPIT Atthohiriyah. Sampel penelitian adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKPD matematika dengan model Quantum Tearning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD matematika dengan model Quantum Teaching yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (88,72 %) dan sangat praktis untuk kelompok kecil (88,75 %) dan untuk kelompok besar (91,16 %). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh thitung sebesar 7,45 dengan dk=39 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik kelas eksperimen dengan nilai rata-rata post-test 86,52 dan peserta didik kontrol dengan nilai rata-rata post-test 66,78. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD matematika dengan model Quantum Teaching ini telah valid, praktis, efektif, dan memfasilitasi pemahaman konsep matematis pada materi himpunan. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Model Quantum Teaching, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Oct 2023 09:17
Last Modified: 20 Oct 2023 09:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75515

Actions (login required)

View Item View Item