Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EKSISTENSI PEDAGANG PASAR MALAM PUSKOPAU KOTA PEKANBARU DALAM PERSAINGAN EKONOMI MODERN MENURUT EKONOMI SYARIAH

NIA NUR AINI, - (2023) EKSISTENSI PEDAGANG PASAR MALAM PUSKOPAU KOTA PEKANBARU DALAM PERSAINGAN EKONOMI MODERN MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIA NUR AINI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nia Nur Aini (2023): “Eksistensi Pedagang Pasar Malam Puskopau Kota Pekanbaru Dalam Persaingan Ekonomi Modern Menurut Ekonomi Syariah” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan pasar malam puskopau yang kurang diminati masyarakat saat ini, karena produk dan wahana bermain sangat terbatas, lokasi dan sarana prasarana kurang memadai serta tidak ada inovasi teknologi, sehingga pasar modern dan e-commerce lebih mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak terbatas dengan menyediakan produk yang lengkap, sarana prasarana memadai dan inovasi teknologi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan eksistensi pasar malam puskopau dalam persaingan ekonomi modern, untuk menjelaskan strategi pedagang mempertahankan eksistensi pasar malam puskopau dalam persaingan ekonomi modern dan untuk menjelaskan tinjauan ekonomi syariah mempertahankan eksistensi pasar malam puskopau dalam persaingan ekonomi modern. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), Subjek penelitian ini adalah pengunjung, pedagang dan ketua pasar malam puskopau. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah eksistensi pedagang pasar malam puskopau kota pekanbaru dalam persaingan ekonomi modern menurut ekonomi syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pergeseran pola hidup masyarakat ke arah selera yang lebih modern yang umumnya disediakan oleh pusat perbelanjaan modern dan dimudahkan oleh sistem perbelanjaan e-commerce sehingga membuat pasar malam puskopau menjadi tertinggal dan kurang diminati masyarakat saat ini. Hal tersebut berdampak pada kondisi usaha pedagang pasar malam yaitu: penurunan volume pengunjung atau pembeli, penurunan omset pedagang, ketidakstabilan perputaran modal pedagang dan penurunan jumlah pedagang. Oleh karena itu, pedagang menerapkan strategi pemasaran marketing mix 7P dan 4E. Ditinjau dari ekonomi syariah, pedagang menerapkan unsur pemasaran syariah yaitu Rabbaniyyah, Alakhlaqiyyah, Al-waqi’iyyah dan Al-insaniyyah. Namun, pedagang belum menerapkan strategi pemasaran secara keseluruhan yaitu belum menerapkan inovasi teknologi dalam memperkenalkan keberadaannya, terlebih lagi pasar malam puskopau berlokasi di dalam perumahan warga, berskala kecil serta jauh dari jalan raya, sehingga tidak mudah untuk diketahui masyarakat luas di luar perumahan tersebut. Kemudian belum ada dukungan dari pengelola pasar terkait sarana prasarana dan lokasi yang memadai. Kata Kunci: Eksistensi, Pasar Malam, Persaingan Ekonomi Modern, Strategi Pemasaran, Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:44
Last Modified: 18 Oct 2023 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75484

Actions (login required)

View Item View Item