Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTEND) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MAN 3 KOTA PEKANBARU

Ayu Widianingsih, Ayu (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTEND) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MAN 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ICARE Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Di MAN 3 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 37 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen sebesar 82,21 dan hasil post-test pada kelas kontrol sebesar 57,84. Adapun data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Analisis uji-t penerapan model pembelajaran ICARE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi. Diketahui dengan taraf signifikansi 5% (1,995) diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 7,019 > 1,995 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran ICARE dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran ekonomi di MAN 3 Kota Pekanbaru. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 73,14 yang tergolong dalam kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 39,76 yang tergolong dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ICARE, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:23
Last Modified: 16 Oct 2023 00:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75467

Actions (login required)

View Item View Item