Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA

DESFITRA ANNISA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desfitra Annisa, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Kampar. bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Contektual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan factorial experiment design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket minat belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:10
Last Modified: 16 Oct 2023 00:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75463

Actions (login required)

View Item View Item