DESFITRA ANNISA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
||
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (28MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Desfitra Annisa, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Kampar. bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Contektual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan factorial experiment design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket minat belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 00:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 00:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75463 |
Actions (login required)
View Item |