Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENYEDIAAN TENAGA LISTRIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2009 TENTANG KETENAGALISTRIKAN DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (STUDI KASUS PT.PLN ULP PANAM PEKANBARU)

ILMAN HUSYAINI, - (2023) PELAKSANAAN PENYEDIAAN TENAGA LISTRIK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2009 TENTANG KETENAGALISTRIKAN DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (STUDI KASUS PT.PLN ULP PANAM PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILMAN HUSYAINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilman Husyaini (2023) : Pelaksanaan Penyediaan Tenaga Listrik Menurut Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan Dalam Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Kasus PT.PLN ULP Panam Pekanbaru) Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya pelaksaan penyediaan tenaga listrik yang dilakukan oleh PT. PLN Unit Layanan Pelanggan ( ULP) Panam pekanbaru untuk mendistribusikan tenaga listrik di Kecamatan Tuah Madani, salah satunya di tujukan kepada pelayanan yang berhubungan dengan aduan masyarakat dan telah di tetapkan oleh pemerintah dalam Undang-undang nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalisrikan oleh PT. PLN ULP Panam Pekanbaru di kecamatan Tuah Madani dan bagaimana pelaksanaan Perspektif fiqh siyasah terhadap pelaksanaan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketengalistrikan oleh PT.PLN ULP Panam Pekanbaru dalam memberikan pelayanan distribusi penyediaan tenaga listrikan dan mengetahui bagaimana pelaksanaan Perspektif fiqh siyasah terhadap Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenaliistrikan. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah pejabat yang bersangkutan yaitu manajer, bidang supervisor administrasi dan pelayanan, supervisor transaksi energi, supervisor Teknik distribusi, fasilisator. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketengalistrikan persepktif fiqh siyasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisi deskriptif kualitatif yakni semua data telah di dapatkan kemudian dijelaskan secara rinci dan sistematis dalam bentuk-bentuk tertulis. hasil penelitian ini menunjukan bahwa mengenai pelaksaan Undang-undang Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan salah satunya mengenai PT.PLN ULP telah melakukan pembenahan pelayanan aduan distribusi listrik. Pelayanan dilaksanakan sesuai peraturan dan masih terdapat kendala aduan masyarakat sehingga masih belum dapat dilaksanakan secara integritas.menurut perspektif fiqh siyasah Undang-undang Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenalistrikan dengan aturan islam, namun kurangnya perhatian pelayanan dari aduan pelanggan sehingga membuat pelaksanaan ini menjadi belum optimal. Kata Kunci: Ketenagalistrikan, PLN, Fiqh Siyasah, Pelayanan, Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Oct 2023 23:47
Last Modified: 12 Oct 2023 23:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75460

Actions (login required)

View Item View Item