Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 100 TAHUN 2015 TENTANG PENATAAN DAN PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Samping Mall Ska Pekanbaru )

CANDRA MANAFAR SIMBOLON, - (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 100 TAHUN 2015 TENTANG PENATAAN DAN PEMBERDAYAAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Samping Mall Ska Pekanbaru ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI CANDRA MANAFAR SIMBOLON.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Candra Manafar Simbolon (2023) : Implementasi peraturan Walikota nomor 100 tahun 2015 tentang penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima dalam perspektif Fiqih Siyasah (Studi kasus pedagang kaki lima disamping mall Ska Pekanbaru) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pedagang kaki lima yang seringkali menjadi target utama kebijakan-kebijakan pemerintah, seperti penggusuran karena kehadiran pedagang kaki lima tersebut sering dikaitkan dengan dampak negatif bagi lingkungan perkotaan, dengan munculnya kesan buruk, kotor, kumuh dan tidak tertib, kadang kala keberadaan pedagang kaki lima tersebut menimbulkan ketidaknyamanan terhadap jalannya lalu lintas di sekitar. Dari kondisi tersebut penulis ingin melihat penertiban pedagang kaki lima di Samping Mall Ska Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana implementasi Peraturan Walikota tersebut terhadap pedagang kaki lima, dan tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi peraturan Walikota Nomor 100 tahun 2015 tentang penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima disamping mall Ska Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dilakukan di Kantor satpol PP Pekanbaru dan PKL disamping mall Ska Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah Satpol PP, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Implementasi Peraturan Walikota nomor 100 tahun 2015 tentang penataan dan pemberdyaan pedagang kaki lima dalam perspektif Fiqih Siyasah. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Implementasi Peraturan Walikota nomor 100 tahun 2015 tentang penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima dalam perspektif fiqih siyasah (Studi kasus pedagang kaki lima disamping mall Ska Pekanbaru) yang dilakukan Satpol PP dengan cara melakukan sosialisasi dan penyitaan barang dagangan belum terimplementasi dengan baik, karena masih banyak pedagang Kaki lima yang berjualan disamping Mall Ska Pekanbaru. salah satu upaya dalam penegakan hukum ialah pemerintah membuat dan menetapkan sebuah peraturan Walikota nomor 100 tahun 2015 tentang penataan dan pemberdayaan PKL guna untuk ketertiban, kenyamanan, dan kebersihan di tengah Masyarakat yang mana dalam Fiqh Siyasah nya termasuk kedalam Siyasah Dusturiyah. Hal tersebut sesuai dengan salah satu kaidah Fiqh Siyasah yang artinya kebijakan seorang pemimpin terhadap rakyatnya bergantung kepada kemaslahatan. Peraturan Walikota nomor 100 tahun 2015 tentang Penataan dan pemberdaayan pedagang Kali Lima masih belum dapat dijalankan secara merata hal ini kebijakan pemerintahan perlu kordinasi dengan konkrit Kata Kunci: PKL, Fiqih Siyasah, Satpol PP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Oct 2023 23:46
Last Modified: 12 Oct 2023 23:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75459

Actions (login required)

View Item View Item