Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TAMORA AGRO LESTARI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

JIMY HANGGARA, - (2023) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. TAMORA AGRO LESTARI DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan SYarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Jimy Hanggara Jurusan : Pengembangan Masyarakat Islam Judul : Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tamora Agro Lestari Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi PT. Tamora Agro Lestari yang bergerak dibidang industri kelapa sawit, berada di Desa Serosah, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, telah menjalankan program CSR pemberian bantuan sembako, bantuan dana desa dan kegiatan sosial masyarakat, serta perbaikan jalan. Namun pada proses pelaksanaannya terdapat beberapa kendala diantaranya masih banyak masyarakat yang belum memahami apa itu CSR dan bagaimana proses pelaksanaanya. Hal ini disebabkan oleh tidak semua masyarakat mengikuti sosialisasi program yang diadakan PT Tamora Agro Lestari, dimana pada sosialisasi tersebut dijabarkan secara keseluruhan mengenai jadwal serta tahapan yang akan dilakukan sekaligus meminta seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Akibatnya, kurangnya koordinasi dengan masyarakat sehingga tidak jarang program berjalan tidak sesuai jadwal dan gambaran yang telah direncanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tamora Agro Lestari dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupanten Kuantan Singingi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif-kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan implementasi CSR dengan beberapa tahapan yaitu tahap Perencanaan dengan melakukan sosialisasi, pemilihan lokasi dan merancang program yang dilakukan, namun masih banyak masyarakat yang tidak menghadiri kegiatan sosialisasi. Tahap pelaksanaan dilakukan pembagian kelompok dan tugas, menjalankan program dan pengawasan, dan mencapai tujuan yaitu bantuan dapat tersalurkan meski tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Tahap evaluasi; mengidentifikasi kendala program dan melakukan evaluasi berupa tindakan yaitu mengajukan peningkatan anggaran agar bantuan bertambah. Tahap pelaporan; membuat laporan kegiatan CSR yang telah dilakukan, namun hingga saat ini PT. Tamora belum mengadakan sistem informasi, sehingga untuk mendapatkan informasi program yang telah berjalan dengan meminta secara langsung kepada kepala desa dan PT. Tamora. Kata Kunci: Corporate Social Responcibility, Implementasi, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:30
Last Modified: 10 Oct 2023 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75437

Actions (login required)

View Item View Item