Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN HUKUM PAJAK, KEADILAN, SISTEM PERPAJAKAN, SANKSI PERPAJAKAN, DAN MOTIF EKONOMI TERHADAP Penggelapan PAJAK (TAX EVASION) (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangkinang)

Melda Julia, Melda (2023) PENGARUH PEMAHAMAN HUKUM PAJAK, KEADILAN, SISTEM PERPAJAKAN, SANKSI PERPAJAKAN, DAN MOTIF EKONOMI TERHADAP Penggelapan PAJAK (TAX EVASION) (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangkinang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemahaman hukum pajak, keadilan, sistem perpajakan, sanksi perpajakan, dan motif ekonomi mengenai penggelapan pajak pada wajib pajak orang pribadi yang berada di kantor pelayanan pajak pratama bangkinang kota pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak aktif yang berada di kantor pelayanan pajak pratama bangkinang kota pekanbaru. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik convenience sampling dan besarnya sampel penelitian adalah berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan SPSS 23. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman hukum pajak, keadilan, sistem perpajakan, sanksi perpajakan, dan motif ekonomi berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap penggelapan pajak wajib pajak orang pribadi yang berada di kantor pelayanan pajak pratama bangkinang kota pekanbaru. Dengan melihat t hitung > t tabel dan nilai sig. <0,05. Sedangkan hasil dari nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0,539 atau 53,9% yang berarti hal ini menunjukkan bahwa kontribusi seluruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 53,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggelapan Pajak, Pemahaman Hukum Pajak, Keadilan, Sistem Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Motif Ekonomi
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 11 Oct 2023 01:26
Last Modified: 11 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75435

Actions (login required)

View Item View Item