Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Adversity Quotient Siswa MAN 4 Kota Pekanbaru.

Satrizah, - (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Adversity Quotient Siswa MAN 4 Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV-)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Satrizah, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Adversity Quotient Siswa MAN 4 Kota Pekanbaru. Penelitian ini didasari pada hasil observasi mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan adversity quotient siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Factorial Eksperimental. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MAN 4 Kota Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, dengan instrument pengumpulan data yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket adversity quotient, lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki adversity quotient tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem posing dengan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan adversity quotient siswa MAN 4 Kota Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:46
Last Modified: 09 Oct 2023 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75431

Actions (login required)

View Item View Item