Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap kasus mulung koin di Live streaming Aplikasi Tiktok (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah)

M.Rais Adli,, - (2023) Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap kasus mulung koin di Live streaming Aplikasi Tiktok (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M.Rais Adli, 2023: Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap kasus mulung koin di Live streaming Aplikasi Tiktok (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Aplikasi yang bisa menghasilkan uang yaitu Tiktok yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2019. Aplikasi Tiktok adalah aplikasi yang memberikan efek unik dan menarik. Selain itu juga mempunyai fitur Live streaming yang mana di Live tersebut terdapat peti harta karun yang berisi koin yang dinamakan dengan mulung koin. Permasalahan dalam skripsi ini adalah mulung koin ini terindikasi adanya unsur undian yang mana jumlah koin yang kita dapatkan dari peti harta karun tidak merata dan tidak menentu yang mana sudah diatur oleh pihak Tiktok. Tujuan penilitian ini untuk memberikan penjelasan kepada para pengguna aplikasi Tiktok yang pernah melakukan aktivitas mulung koin di Live Streaming aplikasi Tiktok ataupun belum sehingga mengetahui secara pasti hukum dan pandangan Fiqih Muamalah tentang menghasilkan uang dalam aplikasi ini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan mulung koin di Live streaming aplikasi Tiktok,Bagaimana tinjauan fiqih Muamalah terhadap kasus mulung koin di Live streaming aplikasi Tiktok. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pengambilan Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sumpling teknik mengambil informan atau narasumber dengan kriteria tertentu sesuai dengan tema penelitian. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, metode interview (wawancara) dan dokumentasi. Adapun metode penulisan menggunakan metode Deduktif. Berdasarkan hasil penelitian proses menghasilkan uang dari mulung koin ini dari menonton Live Streaming dan Tap tap layar ketika peti harta karun mau terbuka,setelah itu hasil dari mulung koin tersebut dikirim keakun kedua yang harus sudah bisa melakukan Live Streaming dengan syarat 1000 followers dan berusia minimal 18 tahun. Setelah hasil mulung koin dikirim ke akun kedua bisa dicairkan melalui DANA,OVO,dan Rekening Bank. Faktor yang mendorong mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah Angkatan 2019 melakukan mulung koin adalah karena ajakan teman dan mendapat informasi dari Youtube dan seleb Tiktok. Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap mulung koin di aplikasi Tiktok yaitu termasuk kepada akad jualah. Mulung koin boleh dilakukan karena didalam pelaksanaannya tidak ada memberikan uang taruhan selain itu tidak ada pihak yang dirugikan didalamnya, hanya saja mulung koin ini ada unsur untung untungan dalam mendapatkan koin dan banyak memakan waktu sehingga melalaikan apabila melakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:41
Last Modified: 05 Oct 2023 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75403

Actions (login required)

View Item View Item