Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH TERHADAP APLIKASI TAWARRUQ PADA PRODUK-PRODUK TAWARRUQ DI BANK ISLAM MALAYSIA BERHAD

MUHAMMAD NURHILMAN BIN SHARIKAN, - (2023) PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH TERHADAP APLIKASI TAWARRUQ PADA PRODUK-PRODUK TAWARRUQ DI BANK ISLAM MALAYSIA BERHAD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Nurhilman Bin Sharikan, (2023) : Perspektif Fiqh Muamalah Terhadap Aplikasi Tawarruq Pada Produk-Produk Tawarrruq di Bank Islam Malaysia Berhad Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya aplikasi teknologi yang telah menjadi bagian penting dalam dunia perbankan dan transaksi keuangan saat ini. Dalam upaya meningkatkan perkembangan zaman, beberapa institusi keuangan Islam telah menciptakan aplikasi tawarruq untuk memfasilitasi proses transaksi tawarruq secara elektronik AI di Bank Islam Malaysia Berhad untuk memudahkan nasabah melakukan urusan yang melibatkan transaksi perbankan, memudahkan individu atau perusahaan dalam melaksanakan transaksi tawarruq, mengurangi birokrasi, dan meningkatkan efisiensi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dan apa saja produk yang di transaksikan oleh Bank Islam Malaysia Berhad dalam sistem aplikasi tawarruq dan tinjauan Fiqh Muamalah terhadap perlaksanaan sistem Tawarruq Financing Automation. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produk yang di jual beli pada sistem aplikasi tawarruq dan untuk menganalisis tinjauan hukum Islam terhadap perlaksanaan sistem Tawarruq Financing Automation. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sampel yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pegawai Bank Islam Malaysia Berhad yang terlibat dalam aplikasi tawarruq. Kemudian analisis data menggunakan analisis penelitian kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, tulisan atau lisan dari orang-orang yang berperilaku yang dapat dimengerti. Hasil Penelitian Produk yang di transaksikan oleh Bank Islam Malaysia Berhad dalam sistem aplikasi tawarruq diantaranya Deposit: Tawarruq Concept merupakan kontrak jual beli dimana pelaksanaanya melibatkan penjualan aset kepada pembeli dengan pembayaran tertunda, Financing: Tawarruq Concept nasabah dapat menjual kembali komoditas tersebut dengan harga kredit yang lebih tinggi kepada pihak ketiga dengan mematuhi prinsip syariah dan Trade Tawarruq-i mengatasi masalah ketiadaan aset dan memberikan kemudahan kepada nasabah. Tinjauan fiqh muamalah terhadap perlaksanaan sistem Tawarruq di BIMB. Ditegaskan bahwa penggunaan dan implementasi AI dapat mematuhi panduan yang telah disusun, maka ini tanpa keraguan adalah sangat positif dan memberikan manfaat serta kemudahan bagi umat manusia. Kata Kunci : Perspektif, Fiqh Muamalah, Aplikasi, Sistem Tawarruq BIMB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:10
Last Modified: 04 Oct 2023 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75391

Actions (login required)

View Item View Item