Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terintegrasi Keislaman Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Berdasarkan Math Anxiety Siswa SMP/Mts

Citra Dwi Hernis, - (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terintegrasi Keislaman Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Berdasarkan Math Anxiety Siswa SMP/Mts. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Citra Dwi Hernis (2023): Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terintegrasi Keislaman Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Berdasarkan Math Anxiety Siswa SMP/Mts Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pembelajaran Metakognitif Terintegrasi Keislaman Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Berdasarkan Math Anxiety Siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain the nonequivalent posttest only control group design. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 1 Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kampar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan literasi matematis, angket math anxiety dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 adalah uji T sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan uji anova 2 arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji T menunjukan nilai t_hitung= 4,496 > t_tabel=2 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran metakognitif terintegrasi keislaman. Hasil analisis data menggunakan anova 2 arah menunjukan f(B)hitung = 0,91 < F(B)tabel = 3,17 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan math anxiety terhadap literasi matematis antara siswa yang memiliki math anxiety tinggi sedang dan rendah. Selanjutnya F(AxB) hitung = 1,92 < F(AxB) tabel = 3,17 Sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran metakognitif terintegrasi keislaman dengan math anxiety siswa dalam mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa. Hasil tersebut mengidentifikasi bahwa pembelajaran metakognitif terintegrasi keislaman mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan pembelajaran di kelas, khususnya kemampuan literasi matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran metakognitif terintegrasi keislaman, kemampuan literasi matematis, math anxiety.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:19
Last Modified: 29 Sep 2023 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75373

Actions (login required)

View Item View Item