Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PERSUASIF KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) KEPADA MASYARAKAT DALAM MENJAGA KELESTARIAN ALAM WISATA AIR TERJUN BATU DINDING DI DESA TANJUNG BELIT KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU

Jerimi Thomas, Jerimi (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) KEPADA MASYARAKAT DALAM MENJAGA KELESTARIAN ALAM WISATA AIR TERJUN BATU DINDING DI DESA TANJUNG BELIT KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka menjaga kelestarian alam wisata air terjun batu dinding, pemerintah desa tanjung belit membentuk sebuah kelompok sadar wisata (POKDARWIS) yang ditugaskan untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan kelestarian, kemajuan dan perkembangan dari wisata air terjun batu dinding dibawah pengawasan pemerintah desa tanjung belit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi persuasif kelompok sadar wisata (POKDARWIS) kepada masyarakat dalam menjaga kelestarian alam wisata air terjun batu dinding di desa tanjung belit kecamatan kampar kiri hulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun penelitian ini merujuk pada unsur-unsur komunikasi persuasif menurut Soleh Soemirat dan Asep Suryana, yang terdiri dari Persuader, Persuadee, Pesan, Saluran, dan Umpan Balik. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini berasal dari pihak-pihak terkait yang ada di pemerintah desa tanjung belit, kelompok sadar wisata, masyarakat setempat dan pengunjung objek wisata air terjun batu dinding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok sadar wisata (pokdarwis) telah melakukan komunikasi persuasif kepada masyarakat dalam menjaga kelestarian alam wisata air terjun batu dinding di desa tanjung belit kecamatan kampar kiri hulu. Namun, kedepannya perlu untuk lebih memaksimalkan lagi unsur-unsur yang ada pada komunikasi persuasif dalam menjaga kelestarian alam wisata air terjun batu dinding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Kelestarian Alam, Air Terjun Batu Dinding, Desa Tanjung Belit
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:49
Last Modified: 20 Sep 2023 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75361

Actions (login required)

View Item View Item