Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA BERBASIS BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMA CENDANA PEKANBARU

HENNY ANGGRAINI, - (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA BERBASIS BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMA CENDANA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HENNY ANGGRAINI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Henny Anggraini (2023): Pengembangan Modul Ajar Kimia Berbasis Brain Based Learning Pada Materi Konsep Mol Kelas X Di SMA Cendana Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar kimia berbasis brain-based learning pada materi konsep mol kelas X di SMA Cendana Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perencanaan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran) namun penelitian ini hanya sampai tahap develop. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Cendana Pekanbaru. Objek pada penelitian ini adalah modul ajar kimia berbasis brain-based learning pada materi konsep mol. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia, dan peserta didik kelas X-1. Hasil validasi ahli materi memiliki persentase 85.29% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memiliki persentase sebesar 81.25% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru kimia memperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 82,96% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar kimia berbasis brain-based learning ini valid dan layak digunakan dengan revisi dalam pembelajaran konsep mol. Kata Kunci: Modul Ajar, Brain Based Learning, Konsep Mol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:52
Last Modified: 19 Sep 2023 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75360

Actions (login required)

View Item View Item