Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PEKANBARU NOMOR 03 TAHUN 2012 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PEMAKAMAN DAN PENGABUAN MAYAT DI KECAMATAN TUAH MADANI DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Ronelia Anggi Syafitri, Ronelia (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PEKANBARU NOMOR 03 TAHUN 2012 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PEMAKAMAN DAN PENGABUAN MAYAT DI KECAMATAN TUAH MADANI DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kebijakan pemerintah mengenai Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan mayat di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yakni Bagaimana Impelementasi Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 03 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kecamatan Tuah Madani, dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Impelementasi Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 03 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kecamatan Tuah Madani, serta bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Impelementasi Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kecamatan Tuah Madani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Impelementasi Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 03 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kecamatan Tuah Madani, Faktor-faktor yang mempengaruhi Impelementasi Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 03 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kecamatan Tuah Madani, serta bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap Impelementasi Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kecamatan Tuah Madani. Metode yang di gunakan oleh penulis adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Respondennya adalah Camat Tuah Madani, Sekretaris Camat Tuah Madani, serta Kabid Adminsitrasi Kecamatan Tuah Madani. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan wawancara kepada informan yang di tentukan berdasarkan dengan yang di butuhkan oleh penulis ini. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, kemudian dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwasannya pelaksanaan peraturan retribusi pelayanan pemakaman ini belum berjalan sesuai dengan apa yang dinginkan, hal ini terlihat masih adanya beberapa faktor yang menjadi penghambat proses pelaksanaan kebijakan seperti, minimnya ketersediaan lahan pemakaman serta kurangnya koordinasi antara stakeholder terkait pelaksana kebijakan. Sedangkan menurut tinjauan Fiqh Siyasah permasalahan ini termasuk dalam Siyasah Dusturiyah, dalam hal ini merupakan bentuk pelaksanaan sebuah amanah dan mentaati perintah dari seorang pemimpin, karena untuk terciptanya suatu kemaslahatan bersama tidak terlepas dari perannya pemerintahan dalam membuat suatu kebijakan dan peraturan. Bahwa dalam menjalankan suatu kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintahan tersebut maka diperlukan seorang pemimpin yang siddiq, amanah, `tabligh dan fathonah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Retribusi Pelayanan Pemakaman, Fiqh Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:42
Last Modified: 18 Sep 2023 06:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75354

Actions (login required)

View Item View Item