Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENGURUS DALAM PEMBINAAN JAMA’AH DI MASJID AL-FATIH DESA TANAH MERAH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Nuril Ilma, Ilma (2023) STRATEGI PENGURUS DALAM PEMBINAAN JAMA’AH DI MASJID AL-FATIH DESA TANAH MERAH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Masjid Al-fatih yang berdiri disalah satu desa tanah merah kecamatan siak hulu kabupaten Kampar. Masjid ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kesadaran jama’ah dan masyarakat sekitar terhadap masjid al-fatih dalam mengikuti sholat berjama’ah ataupun tidak pernah mengikuti kegiatan masjid, akan tetapi dengan diadakannya pembinaan jama’ah di masjid al-fatih dapat dilihat perkembangan jama’ah. Hal ini dapat dilihat dari semangatnya masyarakat dalam pembinaan jama’ah guna memakmurkan masjid dengan mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan. Masjid al-fatih juga memberikan pembinaan, pendidikan serta pengembangan terhadap jama’ahnya. Metode yang digunakan penulis pendekatan kualitatif, pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait strategi pengurus dalam pembinaan jama’ah di masjid al-fatih desa tanah merah kecamatan siak hulu kabupaten Kampar. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengurus dalam pembinaan jama’ah yaitu dengan mengadakan kegiatan diantaranya kegiatan keagamaan di masjid al-fatih yaitu kajian subuh bapak-bapak, kegiatan majelis ta’lim, remaja masjid, tpq dan didikan subuh anak-anak , serta PHBI guna memakmurkan masjid dan ikut serta dalam kegiatan yang ada di masjid al-fatih desa tanah merah kecamatan siak hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengurus Masjid, Pembinaan Jama’ah
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:40
Last Modified: 18 Sep 2023 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75352

Actions (login required)

View Item View Item