Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MOTIVASI PEMBACAAN SURAH AL-KAHFI BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SALAM NAGA BERALIH (Studi Living Hadis)

Riski Fahlevi, Riski (2023) MOTIVASI PEMBACAAN SURAH AL-KAHFI BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SALAM NAGA BERALIH (Studi Living Hadis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Motivasi Membaca Surah Al Kahfi pada Santri Di Ponpes As-Salam Naga Beralih (Studi Living Hadist). Berbicara tentang pengamalan terhadap al-Quran pada zaman milenial. Pengamalannya itu tidak hanya dalam berzikir, akan tetapi salah satu bentuknys adalah membaca al-Quran. Berbicara implementasi tentang pengamalan terhadap al-Quran pada zaman milenial di zaman sekarang ini sebagai bentuk apresiasi dan respons umat islam. Pengamalan membaca ini biasanya diterapkan di pondok-pesantren baik klasik maupun modern yang, hal ini menjadi salah satu ketertarikan untuk dijadikan sasaran objek penelitian. Perlu kita tahu surah Al-Kahfi ini memiliki keutamaan yang bisa dilihat melalui hadis. Maka pengaplikasian adalah pembacaan tersebut berdampak kepada orang yang membacanya terutama di Ponpes As-Salam Naga Beralih. Pembahasan yang akan diteliti yaitu bagaimana tata cara pembacaan dan dampak terhadap santri Ponpes As-Salam Naga Beralih. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian Kualitatif yaitu memaparkan dan menggambarkan suatu keeadaan serta fenomena yang terjadi mengenai situasi dan kondisi yang terjadi dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi yang mendukung penelitian dan meggunakan metode living hadis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengamalan membaca al-Quran ini memberikan motivasi yang menjadikan seseorang bersemangat untuk membaca secara rutin dalam pengamalan ini. Tidak hanya bersifat individu akan tetapi juga berpengaruh secara kelompok yang bersifat positif kepada santri. Terutama akan jauh lebih mengetahui bahwa surah al-Kahfi ini memiliki banyak keutamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Surah Al-Kahfi, Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih, Hadis
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:52
Last Modified: 24 Aug 2023 06:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75303

Actions (login required)

View Item View Item