LUSI WULANDARI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Lusi Wulandari, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Pada Materi Koloid Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar kimia siswa. Bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap motivasi belajar siswa. Digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Uji T-test. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STM dalam meningkatkan motivasi belajar kimia materi koloid di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu (4,587 > 1,994). Dari hasil uji effect size menggunakan rumus cohen’s d diperoleh nilai d = 2,59 ≥ 1 menunjukkan model pembelajaran STM berpengaruh sangat besar terhadap motivasi belajar kimia siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Sains Teknologi Masyarakat, Motivasi Belajar, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75271 |
Actions (login required)
View Item |