Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID

LUSI WULANDARI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Lusi Wulandari, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Pada Materi Koloid Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar kimia siswa. Bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap motivasi belajar siswa. Digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Uji T-test. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STM dalam meningkatkan motivasi belajar kimia materi koloid di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pekanbaru. Dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu (4,587 > 1,994). Dari hasil uji effect size menggunakan rumus cohen’s d diperoleh nilai d = 2,59 ≥ 1 menunjukkan model pembelajaran STM berpengaruh sangat besar terhadap motivasi belajar kimia siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Sains Teknologi Masyarakat, Motivasi Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:51
Last Modified: 01 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75271

Actions (login required)

View Item View Item