Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID

YESSIE NUR OCTAVIA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Yessie Nur Octavia (2023) : Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Koloid Literasi sains di Indonesia berdasarkan hasil penelian PISA 2018 masih rendah, hal ini di karenakan berbagai faktor salah satunya faktor metode pembelajaran yang tidak sesuai untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang menggunakan Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM dengan model pembelajaran Konvensional pada materi koloid di SMAN 1 Tambang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa dan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan t-test (Independent Sampeles). T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari dua buah mean sampel dari dua variabel yang dikomparatifkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi koloid di SMAN 1 Tambang. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (1,671) atau 7,395 > 1,671, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis STEAM, Kemampuan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jul 2023 09:09
Last Modified: 31 Jul 2023 09:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75266

Actions (login required)

View Item View Item