Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 9E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERINTEGRASI ISLAM

MUHAMMAD ALDI ALAMSYAH, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 9E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM TERINTEGRASI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Aldi Alamsyah, (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 9E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Terintegrasi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa MAN 2 Indragiri Hilir yang memiliki hasil belajar cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 9E terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom terintergrasi islam. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Non Equivalent Control group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 2 Indragiri Hilir, dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes. Instrumen yang digunakan berupa soal tes Hasil belajar siswa pada materi sturktur atom. Data dianalisis menggunakan uji T tes . Berdasarkan hasil pretest-dan postest siswa mengalami peningkat pada kelas kontrol dari 35,00% menjadi 78,83% dan kelas eksperimen 36,76% menjadi 85,00% hal ini menandakan media dan model pembelajaran berhasil dalam penelitian. Dan Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 9E menggunakan applikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa materi struktur atom terintegrasi islam. 2) Hasil belajar siswa materi stuktur atom terintergrasi islam dapat meningkat dengan menggunakan model Learning Cycle 9E. Kata Kunci: Learning Cycle 9E,, Hasil belajar siswa, Terintegrasi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:13
Last Modified: 31 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75261

Actions (login required)

View Item View Item