Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDesa) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA UJUNGBATU TIMUR KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN 2019

NOVI ANDRIAN, - (2023) ANALISIS PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDesa) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA UJUNGBATU TIMUR KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB V (HASIL).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V (HASIL).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Desa Ujungbatu Timur Kecamatan Ujungbatu Kabupeten Rokan Hulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Ujungbatu Timur Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu tahun 2019. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam bentuk data primer dan data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode yang bersifat deskriptif kualitatif. Instrumen dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mendapatkan data berupa hasil pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Ujungbatu Timur Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu tahun 2019. Hasil dari penelitian ini adalah dalam pengelolaan APBDesa dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Ujungbatu Timur Kecamatan Ujungbatu sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari seluruh kegiatan peelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Desa Ujungbatu Timur menggunakan keuangan dari desa dan kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan RAB (Rancangan Anggran Biaya) yang kemudian disahkan menjadi APBDesa.. Pemberdayaan masyarakat merupakan serangkai kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut, namun pada pelaksanaan belum mencapai hasil yang optimal dengan harapan bahwa pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Adapun faktor pendukung dalam pengelolaan APBDesa Ujungbatu Timur yaitu tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dalam mengikuti musyawarah desa. Sedangkan dalam faktor penghambat dalam pengelolaan APBDesa Ujungbatu Timur yaitu yaitu kurangnya kerjasama antara pemerintah desa dengan BUMDes dalam membantu memasarkan hasil produksi yang telah dihasilkan oleh kelompok masyarakat yang sebelumnya telah diberikan pelatihan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat sehingga masyarakat dapat meningkatkan taraf kehidupan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:51
Last Modified: 28 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75245

Actions (login required)

View Item View Item