Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PEKANBARU

RENI SUSANTI, - (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
file hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

RENI SUSANTI (2023) : PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 PEKANBARU Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan pemahamam konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan menganalisis perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan literasi dan pemahaman konsep matematis peserta didik dan rendahnya nilai matematika pada materi bangun ruang kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas V SDN 17 Pekanbaru di semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning dan dilihat perbedaannya dengan pemahaman konsep dan literasi matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Terdapat tiga analisis yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil uji statistik parametrik dengan Uji t pada pemahaman konsep matematis siswa kelas V nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Nilai Asymp. Sig. (2- tailed) tersebut lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Kemudian hasil uji statistik parametrik dengan Uji t pada kemampuan literasi matematis siswa kelas V nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) tersebut lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Berdasarkan ketentuan pengambilan keputusan uji statistik parametrik dengan Uji t, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan literasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model PBL dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata Kunci: PBL, Pemahaman Konsep, Kemampuan Literasi, Matematis, SD

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:22
Last Modified: 28 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75244

Actions (login required)

View Item View Item