Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SIMPANG GAUNG

SITRI ANDRI NINGSIH, - (2023) PENGARUH METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SIMPANG GAUNG. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

SITRI ANDRI NINGSIH (2023) : PENGARUH METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SIMPANG GAUNG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) terhadap aktivitas belajar dan literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Simpang Gaung. Penelitian ini dilakssanakan di Sekolah Dasar Negeri Simpang Gaung Jalan Pendidikan Dusun Simpang Luar. Jenis penelitian ini yakni quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Subjek yang diteliti berjumlah 22 siswa untuk kelas kontrol dan 22 siswa untuk kelas ekperimen. Pengumpulan data menggunakan observassi dan tes serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan metode practice rehearsel pairs berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelasa V Sekolah Dasar Negeri Simpang Gaung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis pada uji t, dimana nilai Sig. (2˗tailed) aktivitas belajar siswa adalah t hitung 3,079 > 2,080 t tabel, berarti terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran dengan metode practice rehearsel pairs dengan model konvensional. Selain itu juga, penerapan metode practice rehearsel pairs berpengaruh terhadap literrasi sains siswa kelasa V Sekolah Dasar Negeri Simpang Gaung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis pada uji t, dimana nilai t hitung aktivitas belajar siswa 6,527 > 2,080 t tabel, berarti terdapat perbedaan literasi sains siswa antara pembelajaran dengan metode practice rehearsel pairs dengan model konvensional. Kata Kunci: Metode Practice Rehearsel Pair, Aktivitas Belajar, Literasi Sains

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:27
Last Modified: 28 Jul 2023 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75242

Actions (login required)

View Item View Item