Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER DAN K-NEAREST NEIGHTBORS

DEDI PRAMANA, - (2023) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER DAN K-NEAREST NEIGHTBORS. Jurnal Media Informatika Budidarma, 7 (3). pp. 1306-1314. ISSN 2614-5278 (media cetak), ISSN 2548-8368 (media online)

[img]
Preview
Text
Laporan TA Dedi Pramana..pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemindahan ibu kota negara Indonesia menjadi sebuah topik yang hangat diperbincangkan saat ini. Sehingga kebijakan pemerintah ini menuai banyak sekali reaksi dari berbagai pihak khususnya masyarakat umum di Indonesia. Berbagai reaksi pun ditunjukan dengan berbagai ekspresi diberbagai media sosial. Salah satu media sosial yang menjadi tempat masyarakat berekspresi didalam menanggapi kebijakan pemerintah ini adalah Instagram. Komentar yang dituangkan masyarakat pada postingan di instagram ini sangat beragam mulai dari komentar yang positif, negatif, dan juga netral. Jika komentar tersebut diolah dengan baik dapat menjadi bahan evaluasi terhadap pemindahan ibukota Negara. Melihat hal ini maka diperlukan sebuah analisis sentiment yang ditujukan untuk melakukan klasifikasi dari berbagai komentar tersebut agar dapat disajikan menjadi sebuah informasi yang nantinya ditujukan untuk membantu pemerintah melakukan pertimbangan dalam menjalankan kebijakan terhadap pemindahan ibukota negara. Pada penelitian ini dilakukan pengolahan data dengan algoritma Naive Bayes Classifier dan K-Nearest Neightbors dengan data komentar instagram pada postingan yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota negara. Dimana jumlah data yang digunakan 2.404 komentar. Didapatkan hasil bahwa akurasi algoritma NBC sebesar 63.09% dan K-Nearest Neightbors sebesar 69,23% sehingga dapat disimpulkan bahwa KNN lebih baik dibandingkan dengan NBC. Selain itu didapatkan juga popularitas sentiment masyarakat terhadap Pemindahan Ibukota Negara dengan sentiment positif sebesar 28% yang berjumlah 643 komentar, sentiment netral sebesar 42% yang berjumlah 1025 komentar, dan sentiment negatif sebesar 30% yang berjumlah 730 komentar.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2023 09:14
Last Modified: 28 Jul 2023 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75238

Actions (login required)

View Item View Item