Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SMARTPHONE ADDICTION DENGAN PHUBBING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

DESPARYAN AZIZI NORMAN, - (2023) HUBUNGAN SMARTPHONE ADDICTION DENGAN PHUBBING PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan smartphone yang berlebihan menyebabkan munculnya fenomena baru yang disebut dengan phubbing, yakni suatu tindakan mengabaikan lawan bicara atau seseorang disekitarnya dengan berfokus pada smartphonenya, atau kurangnya kontak mata dengan lawan bicara saat berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan smartphone addiction dengan phubbing pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini 200 Orang Mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan SyariflKasimlRiau Tahun Ajaran 2022 – 2023 yang ditentukan dengan menggunakan teknin quota sampling. Pengumpulan data menggunakan The Phubbing Scale dari Karadag (2015) dan smartphone addiction scale-short version (SAS-SV) dari Kwon dan Yang (2013) yang telah diadaptasi dan dialihkan bahasa kedalam bahasa indonesia. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik kolerasi Pearson Product Moment yang kemudian data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 24.0. berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai pearson correlation (r) antara phubbing dengan smartphone addiction adalah sebesar 0,366 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) yang mana terdapat diantara nilai 0,20- 0,399 berada dalam kategori lemah. Yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara smartphone addiction dengan phubbing. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:41
Last Modified: 28 Jul 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75228

Actions (login required)

View Item View Item