DENI KURNIAWAN, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X DI SMA IT AL-ITTIHAD PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
Abstract
DENI KURNIAWAN (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA HIDROSFER KELAS X DI SMA IT AL-ITTIHAD PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi dinamika hidrosfer kelas X di SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang berjumlah 2 kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS Putri untuk kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran inquiry learning dan siswa kelas X IPS Putra untuk kelas kontrol metode konvensional (ceramah). Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan postes motivasi belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik dengan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry learning pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar pada materi dinamika hidrosfer. Rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa pretest dan postes pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan perbandingan sebesar 28,88 % dan 7,21 %. Kata Kunci : Inquiry Learning, Motivasi Belajar, Dinamika Hidrosfer
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 03:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75215 |
Actions (login required)
View Item |