Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI APLIKASI PELAYANAN PUBLIK SAMSAT DIGITAL NASIONAL ( SIGNAL ) DI KANTOR SAMSAT DURI KABUPATEN BENGKALIS

Sarah Anifah Apriani, Sarah (2023) KOMUNIKASI INOVASI APLIKASI PELAYANAN PUBLIK SAMSAT DIGITAL NASIONAL ( SIGNAL ) DI KANTOR SAMSAT DURI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKIRPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kantor Samsat Duri Kabupaten Bengkalis sebagai instansi pelayanan publik harus mampu memberikan pelayanan pada publik secara prima. Untuk itu Korlantas Polri menciptakan aplikasi Signal demi meningkatkan pelayanan publik di seluruh kantor Samsat di Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Inovasi Aplikasi Pelayanan Publik Samsat Digital Nasional (Signal) di Kantor Samsat Duri Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 3 orang dari petugas Samsat. Dari hasil temuan penelitian, menunjukkan bahwa aplikasi Signal sudah diterapkan dan diujicoba di kantor Samsat Duri. Dalam proses difusi inovasi aplikasi Signal, petugas Samsat menggunakan berbagai saluran komunikasi yaitu komunikasi interpersonal, instagram, facebook, whatsapp dan spanduk. Komunikasi interpersonal lebih aktif digunakan oleh petugas Samsat dalam menyampaikan informasi secara langsung kepada masyarakat. Aplikasi Signal sudah diterapkan di kantor Samsat sejak bulan Oktober 2020. Terdapat kesenjangan waktu pada masyarakat, saat pertama kali mengetahui hingga memutuskan untuk mengadopsi aplikasi Signal sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat Kecamatan Mandau dan Bathin Solpan menjadi target dalam sistem sosial pada proses difusi inovasi. Dalam proses difusi inovasi, sebagai agen perubahan pihak Kepolisian berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Adapun tokoh masyarakat atau opinion leader terdiri dari Lurah, RT/ RW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:34
Last Modified: 28 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75188

Actions (login required)

View Item View Item