Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MODEL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA KANAL YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU ( STUDI KASUS KONTEN WASEDABOYS SEHARIAN JADI ORANG JAWA DAN BELAJAR BUDAYA JOGJA )

Winda Eka Prasetyaningsih, Winda (2023) ANALISIS MODEL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA KANAL YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU ( STUDI KASUS KONTEN WASEDABOYS SEHARIAN JADI ORANG JAWA DAN BELAJAR BUDAYA JOGJA ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

pemahaman serta kebersamaan dengan saling memahami adanya perbedaan latar budaya. Seiring berkembang nya waktu komunikasi kini bisa dilakukan menggunakan media sosial salah satu nya adalah youtube.. Dengan adanya media sosial, manusia di berbagai belahan dunia dapat saling berkomunikasi tanpa adanya hambatan serta batasan jarak. Maka dengan adanya media sosial ini, dapat mengakibatkan terjadinya komunikasi antar orang-orang yang memiliki latar belakang negara dan kebudayaan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi antarbudaya pada konten yang ditayangkan melalui youtube Nihonggo Mantappu. Konten tersebut berisi tentang belajar kebudayaan Jawa daerah Jogjakarta. Nihonggo Mantappu sendiri merupakan sebuah channel youtube yang dimiliki oleh seorang youtuber Indonesia yang bernama Jerome Polin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori model komunikasi antarbudaya Gudykunst dan Kim, model ini juga memiliki empat faktor konseptual yakni budaya, sosial budaya, psikobudaya dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dimana data diambil dari beberapa video dalam kanal Youtube Nihongo Mantappu. Dari hasil penelitian, di dalam konten tersebut terjadi adanya komunikasi yang setara, jadi antara pengirim dan penerima pesan sama-sama saling bertukar pesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi antarbudaya, media sosial , youtube nihongo mantappu
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:31
Last Modified: 28 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75179

Actions (login required)

View Item View Item