Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PT TELKOM PROVIDER INDIHOME KC RIAU KOTA PEKANBARU DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

ALVIRA DWI NOVIANA, - (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PT TELKOM PROVIDER INDIHOME KC RIAU KOTA PEKANBARU DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

ABSTRAK ALVIRA DWI NOVIANA (2023): Hubungan Kualitas Pelayanan PT Telkom Provider Indihome KC Riau Kota Pekanbaru Terhadap Kepuasan Pelanggan Perspektif Menurut Ekonomi Syariah Perkembangan bisnis telekomunikasi di Indonesia berkembang pesat seiring bertambahnya laju pertumbuhan penduduk. Dengan semakin berkembangnya perusahaan keluhan pelanggan terhadap jaringan provider indihome yang dipakai membuat perusahaan harus lebih extra dalam meningkatkan mutu pelayanan dan kualitas produk mereka. Alasan pengambilan judul karena banyak masyarakat khususnya Kecamatan Tampan Pekanbaru yang mengeluh dengan jaringan provider indihome diantaranya harga yang relative mahal, kecepatan upload lebih rendah dibanding download, rusaknya jaringan Ketika hujan, koneksi yang menjadi down dengan waktu yang tidak menentu, teknisi kurang cakap membenahi jaringan dan keluhan lainnya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah; bagaimana hubungan kualitas pelayanan PT Telkom KC Riau terhadap kepuasan pelanggan, dan bagaimana perspektif ekonomi syariah tentang hubungan kualitas pelayanan PT Telkom KC Riau terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menekankan proses penelitian pada pengukuran hasil yang objektif menggunakan data statistic. Objek penelitian ini adalah pelanggan provider indihome dengan populasi pengguna tahun 2022 sebanyak 5550, untuk mencari sampel menggunakan rumus slovin maka diperoleh sampel sebanyak 100 pengguna jaringan, sumber data yaitu data primer, sekunder, dan tersier. Berdasarkan hasil pengolahan data Diketahui nilai r hitung untuk hubungan Kualitas Pelayanan (X) dengan Kepuasan Pelanggan (Y) adalah sebesar 0,524 > r tabel 0,197, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan. Karena r hitung atau pearson correlations dalam analisis ini bernilai positif maka itu artinya hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif atau dengan kata lain semakin baiknya kualitas pelayanan maka tingkat kepuasan pelanggan akan semakin baik pula. Dalam ekonomi syariah terdapat prinsip etika bisnis islam yaitu; ibadah (al-tauhid), persamaan (al-musawat), kebebasan (al-hurriyat), keadilan (al-‘adl), tolong menolong (al-ta’awun), dan toleransi (al-tasamuh. PT Telkom KC Riau Kota Pekanbaru etika bisnis yang sesuai dengan syariat islam, dari gaya bicara, gerak-gerik, tingkah laku, penampilan, semua sudah sesuai dengan pelayanan standar perusahaan dan sesuai dengan ekonomi syariah terkait etika bisnis islam, itulah yang menyebabkan pelanggan merasa puas atas pelayanan dari PT Telkom, karena semua keluhan dari semua pelanggan terjawab dengan baik. Kata kunci : Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:41
Last Modified: 28 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75177

Actions (login required)

View Item View Item