Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA PEKANBARU

CICI SAPUTRI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Cici Saputri, (2023): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media Articulate Storyline terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini adalah Quasi Experiment, populasi seluruh siswa kelas IV sekolah dasar negeri 147 pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan media Articulate Storyline terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil dari penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai 86,47 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 74,03. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan uji t-test dari nilai kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka berlaku keputusan jika sig < 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Atau dapat juga dilihat dari nilai thitung yaitu 5,610 yang ternyata nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel 5% yaitu 1,694. Maka berlaku kaidah keputusan jika thitung > ttabel Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan model Creative Problem Solving berbantuan media Articulate Storyline terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru. Kata Kunci: Model Creative Problem Solving, Media Articulate Storyline, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 12:48
Last Modified: 27 Jul 2023 12:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75163

Actions (login required)

View Item View Item