Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KESADARAN MODERASI BERAGAMA SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU

EKO WIBOWO, - (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP KESADARAN MODERASI BERAGAMA SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan keaktifan berorganisasi terhadap kesadaran moderasi beragama siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru sebanyak 341 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran moderasi beragama siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih kecil dari r tabel (0,024 < 0,113), dan nilai signifikansinya 0,662 > 0,005, hanya berkontribusi 00,1%. Keaktifan berorganisasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran moderasi beragama siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih kecil dari r tabel (0,030 < 0,159), dan nilai signifikansinya 0,586 > 0,005, hanya berkontribusi 00,1%. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendidikan agama Islam dan keaktifan berorganisasi terhadap kesadaran moderasi beragama siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung < F tabel (0,253 < 3,04), dan nilai signifikansinya 0,776 > 0,005, hanya berkontribusi 00,1%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 00,1%. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Keaktifan Berorganiasi, Kesadaran Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:24
Last Modified: 27 Jul 2023 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75154

Actions (login required)

View Item View Item