Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH RUMBIO KAB KAMPAR

M. WAHYU FIRMANSYAH, - (2023) PENERAPAN STRATEGI TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH RUMBIO KAB KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. WAHYU FIRMANSYAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M.Wahyu Firmansyah,2022:“Penerapan Strategi Take And Give untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rumbio Kab Kampar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Strategi Take And Give untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema organ gerak hewan dan manusia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rumbio Kab Kampar . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 20 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rumbio Kab Kampar. Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Take And Give dan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode Strategi Take And Give dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan berfikir kritis siswa rata-rata mencapai 15% dengan kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan Strategi Take And Give pada siklus I, nilai kemampuan daya ingat siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata mencapai mencapai 50% dengan kategori kurang, kemampuan berpikir kritis siswa sudah mulai meningkat namun masih belum mencapai indikator yang diharapkan, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 80% dengan kategori cukup. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Strategi Take And Give dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rumbio Kab Kampar. Kata Kunci: Strategi Take And Give, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:18
Last Modified: 27 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75153

Actions (login required)

View Item View Item