Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menjaring Pemasang Iklan di Radio Gress 105.8 FM di Pekanbaru

Ridho Alfala, - (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menjaring Pemasang Iklan di Radio Gress 105.8 FM di Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Ridho Alfala Jurusan : Ilmu Komukasi Judul : Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Menjaring Pemasang Iklan di Radio Gress 105.8 FM di Pekanbaru Media komunikasi yang dapat membantu perkembangan penyiaran adalah media elektronik yaitu radio. Namun juga bersaing dengan media massa yang lebih maju yaitu smartphone yang dimiliki oleh semua kalangan dan segala usia. Oleh karena itu, diperlukan strategi komunikasi pemasaran untuk menarik minat pengiklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi pemasaran pada Radio Gress 105.8 FM dalam menarik pengiklan sebagai radio swasta di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menarik pengiklan di Radio Gress 105.8 FM diterapkan 7 komponen bauran pemasaran yaitu: Produk, Radio Gress tidak memilih produk mana yang akan diiklankan selama produk tersebut tidak ilegal, tidak melanggar peraturan penyiaran, selama tidak menjatuhkan perusahaan lain dan juga tidak merugikan konsumen. Adapun harga, sedangkan harga pemasangan di Gress Radio mulai dari Rp 250.000- untuk durasi 30 detik sedangkan Rp 350.000- untuk durasi 60 detik, namun masih bisa dinegosiasikan dan tergantung marketing Gress Radio. Lokasi, karena Radio hanya menampilkan audio, tidak memerlukan lokasi tertentu. Promosi, tidak ada promosi kecuali untuk instansi pemerintah. People, adalah semua aktor yang berperan dalam komunikasi pemasaran di Radio Gress seperti karyawan Radio Gress, dan pelanggan Radio Gress. Prosesnya, untuk menentukan apakah produk yang akan diiklankan layak atau tidak, hingga semua proses penyajian iklan dan penempatan waktu tayang. Bukti fisik Radio Gress tidak memperhatikan bukti fisik karena merupakan media radio yang hanya menggunakan audio sebagai penyampaian pesan dan tidak memerlukan bentuk visual. Kata kunci : Strategi, Radio Gress 108.5 FM, Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:38
Last Modified: 27 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75150

Actions (login required)

View Item View Item