AGUS PRATIWI, - (2023) USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) OKY JAMUR TIRAM PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV DAN BAB V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
USULAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) OKY JAMUR TIRAM PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN TOPSIS Agus Pratiwi Fakultas Sains dan Teknologi, UIN SUSKA Pratiwiagus23@gmail.com Abstrak Salah Satu pelaku bisnis jamur tiram dikecamatan marpoyan damai adalah Oky Jamur Tiram Pekanbaru. Bapak Oky (pengembang dan pembibit jamur tiram), menyatakan bahwa dalam menjalankan usaha pengembangan jamur tiram mendapatkan masalah yang berkaitan dengan penjualan jamur tiram yang tidak memenuhi target setiap bulannya. data penjualan pada bulan januari hingga Desember yang memenuhi target penjualan pak oky adalah pada bulan maret yang mana target penjualan pak oky perbulannya adalah 400 kg. Penyebab target penjualan tidak tercapai adalah penjualan tidak terfokus pada penjualan jamur tiram saja melainkan menjual media tanam jamur tiram juga dan sumber daya manusia juga kurang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu strategi pengembagan yang seperti apa yang dapat memajukan usaha. Metode yang digunakan adalah Metode SWOT dan TOPSIS. Hasil penelitian menunjukkan posisi kuadran matriks internal-eksternal yaitu terletak pada kuadran IV, di mana posisi tersebut menjelaskan bahwa faktor internalnya lebih kuat daripada faktor eksternal dengan nilai IFE sebesar 3,056 dan EFE sebesar 2,991. Hal itu berarti strategi yang diperlukan oleh UMKM Oky Jamur Tiram adalah strategi tumbuh dan membangun. sedangkan Hasil topsis yang didapatkan dapat diketahui bahwa strategi yang dapat diterapkan secara nyata dalam UMKM Oky Jamur Tiram yaitu strategi alternatif 4 dimana Membuat konten-konten menarik di media sosial untuk menarik pelanggan.Faktor Internal dilakukan agar mengetahui kekuatan dan kelemahan pada perusahaan. Kata Kunci : Jamur Tiram, Strategi Pengembangan, SWOT, Topsis, UMKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75131 |
Actions (login required)
View Item |