Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI PENGOBATAN TRADISIONAL TETOMEH MELALUI BACAAN AL-QUR’AN DI DESA SERUSA, KABUPATEN ROKAN HILIR (KAJIAN LIVING QUR’AN)

SENI WAHYUNISIH, - (2023) TRADISI PENGOBATAN TRADISIONAL TETOMEH MELALUI BACAAN AL-QUR’AN DI DESA SERUSA, KABUPATEN ROKAN HILIR (KAJIAN LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)

Abstract

ABSTRAK Tradisi tetomeh adalah pengobatan tradisional yang dipercayai bisa menyembuhkan penyakit tertentu seperti sakit kepala, demam, keteguran, dan lain sebagainya. Pengobatan ini menggunakan media lain selain dari bacaan ayat al-Qur'an dan mantra juga menggunakan kunyit dan kapur. Tradisi pengobatan tradisional tetomeh ini merupakan salah satu respon masyarakat desa Serusa dalam penggunaan ayat suci al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari yang disebut sebagai fenomena living Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang ada yaitu bagaimana proses pengobatan tradisional tetomeh, bagaimana pemahaman dukun terhadap ayat al-Qur’an yang dibaca dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap pengobatan tetomeh. Adapun jenis penelitian yang nantinya akan disampaikan peneliti adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan phenomenological. Adapun teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dalam menganalisisnya. Didalam tradisi tetomeh peneliti menemukan bahwa pengobatan ini adalah pengobatan turun temurun dari nenek moyang. Dalam pengobatan ini selain ayat suci al-Qur’an sebagai media yang digunakan, kunyit dan kapur sirih juga dijadikan media didalamnya. Dalam prosesnya diawali dengan membelah kunyit menjadi dua dan dibacakan ayat suci al-Qur’an seperti surah al-Ikhlas, an-Nas, ayat kursi (al-Baqarah ayat 255) serta sholawat dan dicampur dengan mantra menggunakan bahasa daerah setempat. Pengobatan tetomeh ini banyak memberikan khasiat didalamnya yang telah dibuktikan oleh pasien serta masyarakat di desa Serusa. Kata kunci: Tradisi, Living Qur’an, Tetomeh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:06
Last Modified: 27 Jul 2023 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75121

Actions (login required)

View Item View Item