Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL (SOCIAL ADJUSTMENT) PADA SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) AL-UTSAIMIN BANGKINANG KOTA

ERLI FEBRIYANTI, - (2023) PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL (SOCIAL ADJUSTMENT) PADA SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) AL-UTSAIMIN BANGKINANG KOTA. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

ERLI FEBRIYANTI (2023) : PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL (SOCIAL ADJUSTMENT) PADA SISWA SMP ISLAM TERPADU (IT) AL-UTSAIMIN BANGKINANG KOTA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kematangan emosi dan kepercayaan diri terhadap penyesuaian sosial. Subjek penelitian ini adalah 120 siswa kelas VII SMP IT Al-Utsaimin Bangkinang Kota. Skala penyesuaian sosial yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala yang dimodifikasi dari teori Hurlock. Skala kematangan emosi yang digunakan dalam penelitian adalah skala yang dimodifikasi dari teori Hurlock. Skala kepercayaan diri yang digunakan dalam penelitian adalah skala yang dimodifikasi dari teori Lauster. Pengujian hipotesis peneliti menggunakan teknik statistik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji t-hitung= 18.625 dan Sig=0.000 sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kepercayaaan diri terhadap penyesuaian sosial pada siswa SMP IT Al-Utsaimin Bangkinang Kota. (2) Uji t-hitung= 2.179 dan Sig=0.031 sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kematangan emosi terhadap penyesuaian sosial pada siswa SMP IT Al-Utsaimin Bangkinang Kota. (3) Uji R-square= 0,849 atau r= 0.922 sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kematangan emosi dan kepercayaan diri terhadap penyesuaian sosial pada siswa SMP IT Al-Utsaimin Bangkinang Kota. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Kata kunci: Penyesuaian Sosial, Kematangan Emosi, Kepercayaan Diri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:12
Last Modified: 27 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75117

Actions (login required)

View Item View Item