Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

SUMIATI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SUMIATI SKRIPSI.pdf

Download (32MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sumiati, (2023) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Brain Based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan Brain Based Learning (BBL) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan literasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Pekanbaru dengan subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Brain Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Brain Based Learning dinyatakan berkategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan (84,94%), dan sangat praktis untuk kelompok kecil (86,69%) dan untuk kelompok besar (87,39%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh sebesar 3,00 dengan dk=58 dan taraf signifikannya 5% atau 0,05 sehigga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan literasi matematis antara siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata post-tes 87,8 dan siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata post-tes 77,8. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Brain Based Learning ini telah valid, praktis, efektif dan memfasilitasi kemampuan literasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Brain Based Learning, Kemampuan Literasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:22
Last Modified: 27 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75110

Actions (login required)

View Item View Item