Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KAWASAN AGROWISATA GO GREEN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

Neny Ayu Wulansari, Neny (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KAWASAN AGROWISATA GO GREEN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis tentang berfluktasi jumlah pengunjung pada kawasan Agrowisata Go Green , sehingga disusun rumusan masalah pada penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan wisatawan di Kawasan Agrowisata Go Green dan tinjauan ekonomi syari’ah tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan wisatawan dikawasan Agrowisata Go Green, Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sei Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Terdiri dari subjek penelitian yaitu Pimpinan dan pengunjung Agrowisata Go Green dan objeknya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan wisatawan dikawasan Agrowisata Go Green. Dengan sumber data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini berjumlah 826 pengunjung, kemudian ditetapkan sampel menggunakan rumus slovin dengan metode Accidental Sampling . Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan studi pustaka. Dengan analisa kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan wisatawan dikawasan Agrowisata Go Green adalah sebagai berikut ini : pendapatan wisatawan dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana sebesar 0.148 unit, pendekatan biaya perjalanan dilihat dari hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji regresi linear sederhana sebesar 0.280 unit, fasilitas wisata dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana sebesar 0.246 unit. Dan faktor yang sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan adalah pendekatan biaya perjalanan. Tinjauan Ekonomi Islam,mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan wisatawan dikawasan Agrowisata Go Green sudah sesuai dengan syariah . karena mengutamakan penghematan biaya dan tidak boros. Berdasarkan Q.S Al-Furqon ayat 67 yang menjelaskan tentang apabila membelanjakan harta, mereka tidak berlebihan dan tidak pula kikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan wisatawan, Pendekatan Biaya Perjalanan, Fasilitas Wisata, Kunjungan Wisatawan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:05
Last Modified: 27 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75094

Actions (login required)

View Item View Item