Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMITRAAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DENGAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESADI DESA DAYO KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU

Irfan Maulana, Irfan (2023) KEMITRAAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DENGAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESADI DESA DAYO KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam pengamatan sementara dari peneliti bahwa terdapat kurangnya minat mitra antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dengan pemerintah desa dalam pembangunan desa di desa Dayo. Rumusan masalah dalam riset ini, adalah bagaimana kemitraan antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dengan Kepala Desa dalam pembangunan desa?. Riset ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dengan Kepala Desa dalam pembangunan desa. Teori yang digunakan dalam riset ini adalah menurut Yusuf Wibisono dalam buku Membedah Konsep & Aplikasi Corporate Social Responsibility (CSR) bahwa unsur Kemitraan itu ada tiga, yaitu : Kesetaraan, Transparansi dan Saling Menguntungkan. Riset ini menggunakan desain metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, jumlah informan dalam riset ini berjumlah 5 orang, terdiri dari 3 informan kunci dan 2 informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga indikator dalam kemitraan yang digunakan LPM dengan Kepala Desa dalam pembangunan desa, yaitu : indikator kesetaraan, dimana pihak LPM dengan pihak Kepala Desa menjalani seluruh kegiatan pembangunan desa tidak sepenuhnya pihak dari LPM ikut serta didalamnya perihal kegiatan pengawasan pembangunan, indikator transparansi, dimana pihak LPM tidak terbuka terhadap hambatan pada pelaksanaan pengelolaan keuangan desa kepada pemerintah desa, indikator saling menguntungkan, dimana pihak LPM dengan kepala desa dalam pembangunan tidak sepenuhnya dilakukan secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pembangunan Desa
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:38
Last Modified: 27 Jul 2023 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75090

Actions (login required)

View Item View Item