Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPS BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU KOTA DUMAI

HAMIMAH, - (2023) PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPS BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU KOTA DUMAI. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hamimah, (2023): Pengembangan Materi Ajar IPS Berbasis Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar IPS serta menganalisis validitas, praktikalitas, serta efektivitas media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV di SDIT Al-Manan, siswa kelas IV SDIT Al-Izzah dan siswa kelas IV SDIT Al-Madinah. Data diperoleh dari instrumen berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, dan test (pretest dan posttest). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata yangdiperoleh dari uji validitas adalah pada aspek materi diperoleh sebesar 87%dengan kategori sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh sebesar 91% dengankategori sangat valid, dan dari aspek media diperoleh sebesar 93% dengankategori sangat valid. Pada aspek praktikalitas dikalangan guru diperoleh sebesar92% dengan kategori sangat praktis, sedangkan aspek praktikalitas oleh siswadiperoleh sebesar 87% dengan kategori sangat praktis.Lebih lanjut,skor pretest adalah sebesar 1,67 dengan kategori efektif.Skor posttest adalah sebesar 10,30 dengan kategori efektif.Hal ini dapat disimpulkan bahwa materi ajar IPS berbasisPowerpoint Interaktif untuk Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Kota Dumai valid,praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2023 12:18
Last Modified: 27 Jul 2023 12:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/75073

Actions (login required)

View Item View Item